Sabtu, 13 Agustus 2016

Contoh Laporan PKL

ahmadhilwandi.com/contoh laporan pkl




TUGAS
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)


NAMA       : AHMAD HILWANDI
KELAS      : XI TKJ A
NO ABS     : 04

SMK N 3 MATARAM
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
2015/2016
PERIODE 04 APRIL S/D 18 JUNI 2016


DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
KOTA MATARAM                                
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 MATARAM      
Jln. Pendidikan Nomor. 47 Telp. (0370) 635347  Mataram
==================================================================
LEMBAR PENGESAHAN
Bahwa telah melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di OCEANO RESORT JAMBULUWUK-GILI TRAWANGAN pada tanggal 04 2016 April sampai dengan 18 Juni 2016 dan telah menyelesaikan laporan Praktek Kerja Industri.
Nama Siswa                       : AHMAD HILWANDI
No. Induk                           :
20291
Paket Keahlian                   : TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ)
Menyetujui/Mengetahui
Ketua Paket Keahlian,                                                                        Pembimbing Sekolah,


Drs. I Nengah Yasdwipura                                                     Drs. I Nengah Yasdwipura
NIP. 19651216 199202 1 002                                                NIP. 19651216 199202 1 002
Mengetahui                                                                             Mengetahui
Pimpinan DU/DI,                                                                    Pembimbing DU/DI,


Haris Andriawan                                                                      David Alexander S.T

Mengetahui
Kepala Sekolah,

UMAR, S Sos, MM
Guru Madya IV/a
NIP 196609201990031015

DAFTAR ISI

Contents









KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya,sehingga pelaksanaan Praktik Kerja Industri di OCEANO JAMBULUWUK RESORT dari tanggal 4 April sampai tanggal 18 Juni dapat dilaksanakan dengan lancar. Pada dasarnya, tujuan dibuatnya Laporan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam mengikuti Ujian Akhir Nasional dan Ujian Akhir Sekolah serta melatih diri didunia kerja bidang Komputer Jaringan.
Kegiatan prakerin dan menyusun laporan prakerin ini dapat  terlaksana dengan baik berkat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu pada kesempatan ini saya mengucapkan terimah kasih kepada :
1.      Bapak Umar S.Sos MM, selaku Kepala Sekolah SMKN 3 Mataram yang telah memberikan kemudahan dalam pelaksanaan Prakerin.
2.      Bapak Drs. I Nengah Yasdwipura dan Bapak Drs. Ajar Sugianta, selaku pembimbing sekolah yang telah memonitoring pelaksanaan Prakerin.
3.      Bapak Haris Andriawan, selaku pimpinan Jambuluwuk Oceano Resort.
4.      Bapak David Alexander S.Tdan Bapak Sangaji Wiranata,selaku pembimbing ITyang telah banyak membimbing ditempat kerja Prakerin.
5.      Bapak Masnun, Bapak Mariadi, Bapak Khaerul Mubin, dan Bapak Husnul Mulyadi,selaku pembimbing TE (Teknik Engineering) yang telah banyak membimbing ditempat kerja Prakerin.
Saya menyadari bahwa laporan Prakerin ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu saya mengharap adanya saran, masukan maupun kritikan yang membangun guna melengkapi kekurangan laporan ini. Semoga laporan yang sederhana ini dapat memberi manfaat kepada semua orang.











BAB 1 : PENDAHULUAN.

1.1Tujuan Prakerin

1.1.1 Tujuan Umum

a)      Praktek Kerja Industri di dunia usaha/industri bertujuan agar siswa berwawasan, berpengetahuan dasar untuk bekerja serta dapat menyesuaikan atau adaptasi dengan keadaan/tuntutan pada lingkungan kerja secara luas.

1.1.2 Tujuan Khusus

a)      Mempelajari dan ikut membantu melaksanakan tugas - tugas dan kegiatan proses produksi di industri.
b)      Mengenal dan memahami tata tertib secara nyata dari mekanisme kerja pada dunia industri dan atau perusahaan.
c)      Menghasilkan tamatan/lulusan sebagai angkatan kerja yang memiliki kemampuan profesional dengan tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan kerja di dunia usaha/industri

1.2Tujuan Pembuatan Laporan

Mengembangkan pelajaran yang diperoleh disekolah dengan penerapan didunia kerja dan sebagai bukti telah melaksanakan Prakerin.

1.3 Lokasi dan Peserta Prakerin



1.3.1 Data Tempat Prakerin

Nama Industri / Usaha            : Oceano Resort Jambuluwuk – Gili Trawangan
Bagian                                     : IT
Alamat                                    : Dusun Gili Trawangan Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang KLU
Telp/Fax                                  : 0370 61994851
Nama Pimpinan                       : Haris Andriawan
Nama Pembimbing                  : David Alexander
Website                                   :www.Jambuluwuk.com
Email                                       :Isv.oceano@Jambuluwuk.com
Twiter                                      :@Jambuluwuk
Facebook                                 :The Clubhouse Gili


Logo Perusahaan.

Lokasi Perusahaan.


Nama Siswa
Ahmad Hilwandi
No. Induk Siswa
20291
Kelas
XI
Jurusan
Teknik Komputer Jaringan (TKJ)
Alamat Siswa
Jln. Pancor Babakan Timur

Nama Siswa
Aruna Yudha Permadi
No. Induk Siswa
20294
Kelas
XI
Jurusan
Teknik Komputer Jaringan (TKJ)
Alamat Siswa
Jln. R.A Kartini No 34 Monjok Pamamoran

Nama
Dony Eka Saputra
No. Induk
20300
Kelas
XI
Jurusan
Teknik Komputer Jaringan (TKJ)
Alamat Siswa
Jln. Merpati Gg. Flamboyan No. 21 Karang Jangkong

Nama
Eka Ayu Pratiwi
No. Induk
20301
Kelas
XI
Jurusan
Teknik Komputer Jaringan (TKJ)
Alamat Siswa
Jln. Srigunting No. 1 Karang Jangkong

 



Informasi Tentang DU/DI Tempat Prakerin.


PT. ARCS HOUSE is an Own & Operate company.The company is determined to be successful in developing each asset and managing every hotel and resort.
The beginning of a guesthouse management started in 2004, It was designed for a specific niche consumer such as expatriates, mainly from Japan. In Mid 2005, the ARCS team started to develop and build a new concept of Small Resort that is located in Jambuluwuk Ciawi, West Java.
A year later, in the summer of 2006, "Rumah Jambuluwuk," (NOW JAMBULUWUK HOTELS &RESORTS ) During the opening of JAMBULUWUK CIAWI RESORTS, ARCS team received positive responses from the customers and saw a bright future in this resort. This led to a plan for an expansion. The development was finished in mid 2008 and JAMBLUWUK CIAWI RESORTS transformed a fine resort In 2009, PT. ARCS HOUSE also acquired a 6 hectares land in Batu Malang, East Java for the development of JAMBULUWUK BATU RESORT, which is planned to start building in the first quarter of 2010. PT. ARCS HOUSE also introduced the first development of JAMBULUWUK MALIOBORO BOUTIQUE HOTEL on JI.GajahMada Street, DIY Jogjakarta, 2011 DECEMBER, JambuluwukMAlioboro Hotelsoft opening, after 5 months of project delays. 2011 - JAMBULUWUK has changed brand Name from RUMAH JAMBULUWUK to JAMBULUWUK HOTELS & RESORTS "PT Arcs House adalah pemilik dan pengelola perusahaan . Perusahaan ini bertekad untuk mensukseskan dan mengembangkan setiap aset dan'mengelola setiap hotel dan resort . Pada awalnya perusahaan bergerak dibidang guess house pada tahun 2004. Guess House dirancang secara khusus untuk tamu asing terutama tamu Jepang.
Pada pertengahan tahun 2005 Tim Arcs mulai membangun dan mengembangan konsep baru resort kecil yang berlokasi di Jambuluwuk Ciawi, Jawa Barat. Setahun kemudian pada musim pangs tahun 2006" Rumah Jambuluwuk " (sekarang menjadi Jambuluwuk Hotels & Resorts). Selama pembukaan Jambuluwuk Ciawi resorts, Arcs Tim menerima respon yang positif dari customer dan melihat masa depan yang cerah untuk resort ini. Hal tersebut memungkinkan untuk melakukan rencana ekpansi .Tahun 2008 Pembangunan selesai dan Jambuluwuk Ciawi resort berubah menjadi resort yang lebih bag us. Pada tahun 2009, PT ARCS HOUSE juga memiliki 6 hektar tanah di wilayah Batu Malang , Jawa Timur area ini untuk di dirikan Jambuluwuk Batu Resort, rencana pembangunan ini dimulai pada awal pertengahan tahun 2010. PT ARCS House juga untuk pertamakali memperkenalkan pembangunan dari Jambuluwuk Malioboro Boutique Hotel di JI Gajahmada , DIY Jogjakarta. Pada bulan desember 2011, Jambuluwuk Hotel melakukan soft opening , setelah 5 bulan penundaan. Tahun 2011 Jambuluwuk telah merubah namanya dari Rumah Jambuluwuk menjadi Jambuluwuk Hotels & Resorts."



1. VISI PERUSAHAAN :Menjadi perusahaan kompeten beroperasi dalam pengembangan property dan hotel operator yang menguntungkan dan dikenal secara nasional dan internasional.
2. MISIPERUSAHAAN :
a. Menjadi hotel developer dan operator hotel terkenal diindonesia dan di seluruh dunia.
b. Menjadi hotel berstandar internasional dengan manajemen yang memberikan serivce dan product terbaik , dengan orientasi kepuasan tamu
c. Beroperasi dengan efisiensi yang innovative, technology yang mendukung, fasilitas, dan HRD yang competent dan berkembang
d. Berkembang pesat sebagai perusahaan utama dan sebagai pemilik serta operator di berbagai daerah eksotis tujuan bisnis dan wisata di Indonesia.
e. Memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir biaya.
f. Menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga local.
g. Mengembangkan Jambuluwuk Hotels & Resort sebagai pilihan utama disetiap daerah Jambuluwuk Hotels & Resort berada. h. Menjadi asset bagi daerah dimana Jambuluwuk Berlokasi.
3. NILAI PERUSAHAAN :Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangunan dan management hotel dan resort maka perusahaan menjabarkan nilai yang akan dicapai perusahaan dalam setiap produknya sebagai berikut.
a. Comfortable& Secure: Kenyamanan dan keamanan tamu
b. Friendly& Care: Keramahan dan kepedulian terhadap kebutuhan tamu
c. Clean& Accurate: Kebersihan atau higenitas dan akurasi pelayanan terhadap tamu
d. Responsive& Enthusiasm: Responsive & antusiasme dalam melayani sehingga pelayanan yang cepat, tulus dan sepenuh hati.




 



BAB 2 : URAIAN TENTANG SEMUA KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN DITEMPATPRAKERIN.


2.1 Access Point

Ø Pengertian Access Point.
Access Point dalam jaringan computer adalah sebuah jalur akses nirkabel (Wireless Access Point atau AP) adalah perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau standar terkait.
Ø  Fungsi Access Point.
1.      Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server.
2.      Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA).
3.      Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses.
4.      Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel.

Ø Kelebihan Access Point.
1.      Untuk sistem AP dengan melayani banyak pc tentu lebih mudah pengaturan dan komputer client dapat mengetahui bahwa disuatu ruang ada sebuah hardware atau komputer yang memancarkan signal Access Point untuk masuk ke dalam sebuah network.
2.      Bila menggunakan hardware khusus, maka tidak diperlukan sebuah pc berjalan 24 jam untuk melayani network.
3.      Sebagai sistem security pada model Access Point lebih terjamak.

Ø Kelemahan Access Point.
1.      Jaringan wireless secara umum dapat dibagi menjadi 2 yakni kelemahan pada konfigurasi dan kelemahan pada jenis enkripsi yang digunakan WEP (Wired Equivalent Privacy).

Ø Cara Kerja Acces Point.
Wireless access point pada dasarnya bekerja pada teknologi sirkuit yang dibuat oleh komputer pribadi Anda, router dan perangkat jaringan nirkabel seperti wireless access point. Ini mulai bekerja ketika mengaktifkan sistem operasi Anda dan kemudian menghubungkannya dengan jaringan nirkabel dan ketika anda masukkan URL dalam jendela browser Anda yang mendukung wireless access point Anda.

Kemudian langkah ini informasi terhadap server gerbang jalan WAP, tempat pengolahan atau menerjemahkan data yang dilakukan. Ini gerbang WAP Server cara menerjemahkan data dari format sederhana untuk HTTP formatr dan setelah terjemahan mengirimkannya ke situs web dengan bantuan router yang terhubung. Ketika situs web menerima data yang diterjemahkan, ia akan mengubahnya menjadi dokumen HTML, di sini mengirim dokumen ini lagi ke server wireless access point yang mengubah dokumen ke format baru, kali ini format akan WML.
Kemudian data ini dikonversi dengan bantuan router kirim ke antena terdekat. Sekarang dengan bantuan antena radio gelombang melanjutkan routing data diterjemahkan dan mengirimkannya akses nirkabel perangkat jalur, menerima data dan tampilan pada layar dengan bantuan dari jendela browser.
           











2.2 Printer

Ø  Pengerian Printer.
Pengertian printer adalah perangkat elektromekanis yang mengubah teks dan dokumen grafis dari bentuk elektronik (digital) ke bentuk fisik. Umumnya printer merupakan perangkat tambahan eksternal (external peripheral devices) yang terhubung dengan komputer atau laptop melalui kabel atau nirkabel untuk menerima input data dan mencetaknya pada kertas.
Ø Jenis – Jenis Printer.
Printer Thermal.

Contoh Printer Thermal.

Satu lagi dari keluarga printer impact, yaitu printer thermal. Printer jenis ini biasanya digunakan di kasir pembelanjaan dan mesin fax. Jenis printer ini bekerja dengan mengambil gulungan kertas yang berubah menjadi gelap ketika dipanaskan. Mekanisme cetaknya dengan menarik kertas yang bersebelahan dengan kepala cetak yang berisi pemanas elektronik yang canggih, dan mampu memproduksi teks dan grafik sederhana pada kertas. Printer thermal tidak memerlukan tinta, toner, atau perlengkapan lainnya, sehingga mudah digunakan dan memeliharanya.
Ø Kelebihan Printer Thermal.
1. Bentuknya relatif kecil.
2. Cepat dalam mencetak.
3. Harga relatif mahal.
4.     Tidak bising.
Ø Kekurangan Printer Thermal.
1. Harus menggunakan kertas khusus.
2. Tidak bisa mencetak kertas lebar.

Ø Printer Ink Jet.

Contoh Printer Inkjet.

Inkjet Printer (printer inkjet) merupakan jenis printer yang populer saat ini, selainprinter laser. Cara kerja printer ini adalah dengan menyemprotkan tinta dengancartridge kedalam kertas, hingga menghasilkan teks dan grafis dengan kualitas tinggi.Printer inkjet mengunakan tinta yang tersimpan dalam cartridge tinta, umumnya tinta dipusahkan dalam kelompok warna utama. Warna-warna utama ini biasanya hitam, merah/magenta, hijau/cyan, dan kuning (CMYK). Printer ini sangat mendukung untuk kebutuhan multimedia, karena memiliki kualitas grafis yang sangat baik.
Ø Kelebihan Printer Ink Jet.
1. Hasil cetaknya lebih cepat dibanding dot matrix.
2. Kualitas cetaknya cukup baik.
3. Tidak bising ketik mencetak.
Ø Kekurangan Printer Ink Jet.
1. Harga relatif lebih mahal dibanding dot matrix.
2.Tinta printer relatif mahal.
3. Tidak dapat mencetak lebih dari 1 rangkap.

 

 


2.3PABX

Ø Pengertian PABX
PABX (Private Automatic Branch Exchange) adalah Alat Penyambung (Switch) untuk mengatur komunikasi telpon masuk dan telpon keluar secara efisien dan efektif di Kantor, Ruko, Rukan, Rumah besar/bertingkat, Asrama, Kost, dan bangunan lainnya.
Ø  Fungsi PABX
Pada dasarnya semua PABX digital mempunyai grup fungsional yang sama, tapi fungsi-fungsi tersebut diterapkan dan diatur dalam jalan yang berbeda dalam sistem yang bervariasi. Fungsi PABX sebagai sistem penyambungan telepon untuk mengatur proses penyambungan komunikasi telepon.

Ø Cara Kerja PABX
Cara kerja PABX adalah bahwa sesungguhnya perangkat ini merupakan modem yang berfungsi sebagai control station pusat. Setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka telepon tersebut akan di-routing (diarahkan) melalui control station ini. Karena di dalam sistem PABX tersebut telah dimasukan kode tertentu untuk masing-masing nomor telepon di kantor, atau untuk masing-masing extension, maka telepon masuk tersebut akan diarahkan ke tujuan yang tepat dengan menggunakan kode tersebut.

1.      Ketika pelanggan pemanggil off hook, secara otomatis kita mengirim sinyal ke PABX yang PABX mengerti (dial tone),
2.      Kemudian ketika mendial digit, PABX mengetahui apakah ini merupakan panggilan internal atau external.
3.      Proses routing dimulai. Jika internal maka dikirim ke PABX tidakmenggunakan “trunk”pada sisi luar.
4.      Namun jika external,dimulai dengan mencari nomor-nomor yang kita dial lalu mengirim informasi ke Central Office.


2.4 TABEL URAIAN KEGIATAN PRAKERIN


Nama               : AHMAD HILWANDI
Jurusan            : Teknik Komputer Jaringan (TKJ)
Pembimbing    : David Alexander
& Sangaji Wiranata
Perusahaan      : Jambuluwuk Oceano Resort
2.4.1. Kegiatan Bulan April
No
Hari/Tanggal
Kegiatan
Keterangan
Hari
Tanggal
1
Senin
04-04-2016
Brifing
Terlaksana
2
Selasa
05-04-2016
Memperbaiki Access Poin
Terlaksana
3
Rabu
06-04-2016
Krimping Kabel, Perbaiki PC & mereset Access poin
Terlaksana
4
Kamis
07-04-2016
Perbaikan Telepon
Terlaksana
5
Jum’at
08-04-2016
Memeriksa Line Telepon
Terlaksana
6
Sabtu
09-04-2016
Kerja Mandiri

7
Minggu
10-04-2016
                      -
                    -
8
Senin
11-04-2016
Memeriksa Telepon
Terlaksana
9
Selasa
12-04-2016
Memasan AC & Pemeriksaan PC
Terlaksana
10
Rabu
13-04-2016
Menanam Kabel Lan & memasang Kabel Lan
Terlaksana
11
Kamis
14-04-2016
Kerja Mandiri

12
Jum’at
15-04-2016
Mengisi Gas Preon Pada AC
Terlaksana
13
Sabtu
16-04-2016
Memasang Kipas Angin & Merapikan Sound System
Terlaksana
14
Minggu
17-04-2016
Memasang Lampu Taman
Terlaksana
15
Senin
18-04-2016
Memasang Kabel Lan & Merapikan Kabel
Terlaksana
16
Selasa
19-04-2016
Memprogram Chanel TV & Memasang Kipas Angin
Terlaksana
17
Rabu
20-04-2016
Memasang AC
Terlaksana
18
Kamis
21--04-2016
Memasang Telepon
Terlaksana
19
Jum’at
22-04-2016
Memindah Acces Poin & mereset Access Poin
Terlaksana
20
Sabtu
23-04-2016
Mengecek Mac Address Access Poin, Memasang Access Poin & Konfigurasi Access Poin
Terlaksana
21
Minggu
24-04-2016
Belajar mandiri

22
Senin
25-04-2016
Merapikan kabel
Terlaksana
23
Selasa
26-04-2016
Membuka Pintu Menggunakan Qitek
Terlaksana
24
Rabu
27-04-2016
Memasang printer
Terlaksana
25
Kamis
28-04-2016
Memasang AC
Terlaksana
26
Jum’at
29-04-2016
Memeperbaiki PC
Terlaksana
27
Sabtu
30-04-2016
Memperbaiki AC Indor
Terlaksana
28
Minggu
01-05-2016
Mengecek Sinyal Wifi Di Room
Terlaksana
29
Senin
02-05-2016
Traning mikrotik hari ke 1
Terlaksana
30
Selasa
03-05-2016
Traning mikrotik hari ke 2
Terlaksana
31
Rabu
04-05-2016
Traning mikrotik hari ke 3
Terlaksana

Tabel 2.2.1. Daftar kegiatan bulan juli.

2.4.2. Kegiatan Bulan Mei
No
Hari/Tanggal
Kegiatan
Ket
Hari
Tanggal
1
Kamis
05-05-2016
Mengisi Gas Preon
Terlaksana
2
Jum’at
06-05-2016
Mereset Access Poin
Terlaksana
3
Sabtu
07-05-2016
Instalasi & Memasang UPS Pada Komputer
Terlaksana
4
Minggu
08-05-2016
Instalasi Lampu Taman
Terlaksana
5
Senin
09-05-2016
Instalasi Lampu Ruangan
Terlaksana
6
Selasa
10-05-2016
Cek Telepon &Sinyal Wifi
Terlaksana
7
Rabu
11-05-2016
Instalasi & Memasang AC
Terlaksana
8
Kamis
12-05-2016
Libur

9
Jum’at
13-05-2016
Libur
Terlaksana
10
Sabtu
14-05-2016
Libur
Terlaksana
11
Minggu
15-05-2016
Memperbaiki PC
Terlaksana
12
Senin
16-05-2016
Belajar mandiri
Terlaksana
13
Selasa
17-05-2016
Memperbaiki AC & Menambah Gas Preon
Terlaksana
14
Rabu
18-05-2016
Membersihkan AC
Terlaksana
15
Kamis
19-05-2016
Memasang Kabel CCTV
Terlaksana
16
Jum’at
20-05-2016
Memperbaiki Jaringan Internet
Terlaksana
17
Sabtu
21-05-2016
Cek Telepon & Sinyal Wifi
Terlaksana
18
Minggu
22-05-2016
Cek Telepon & Sinyal Wifi
Terlaksana
19
Senin
23-05-2016
Memasang AC Indor & Outdor
Terlaksana
20
Selasa
24-05-2016
Membersihkan AC
Terlaksana
21
Rabu
25-05-2016
Memprogram Chanel TV
Terlaksana
22
Kamis
26-05-2016
Memperbaiki Printer & Telepon
Terlaksana
23
Jum’at
27-05-2016
Mengganti Catridge Printer
Terlaksana
24
Sabtu
28-05-2016
Memperbaiki Komputer
Terlaksana
25
Minggu
29-05-2016
Mensharing Data
Terlaksana
26
Senin
30-05-2016
Memperbaiki PC & Memasang Telepon
Terlaksana
27
Selasa
31-05-2016
Memperbaiki PC & Repair Komputer
Terlaksana
28
Rabu
01-06-2016
Memperbaiki PC
Terlaksana
29
Kamis
02-06-2016
Memperbaiki Printer
Terlaksana
30
Jum’at
03-06-2016
Instalasi Lampu Beach Bar
Terlaksana
31
Sabtu
04-06-2016
Instalasi Lampu Beach Bar
Terlaksana

Tabel 2.2.2. Daftar Kegiatan Bulan Agustus

No
Hari/Tanggal
Kegiatan
Ket
Hari
Tanggal
1
Minggu
05-06-2016
Membuka Pintuk Menggunakan Qitek
Terlaksana
2
Senin
06-06-2016
Libur

3
Selasa
07-06-2016
Libur

4
Rabu
08-06-2016
Libur

5
Kamis
09-06-2016
Membuat Dekorasi Masjid & Memperbaiki Komputer Eror
Terlaksana
6
Jum’at
10-06-2016
Membuat Dekorasi Masjid & Menyalakan Komputer Mati
Terlaksana
7
Sabtu
11-06-2016
Memperbaiki Printer
Terlaksana
8
Minggu
12-06-2016
Belajar Mandiri

9
Senin
13-06-2016
Memperbaiki PC
Terlaksana
10
Selasa
14-06-2016
Instalasi Driver Printer
Terlaksana
11
Rabu
15-06-2016
Mengganti Power Supplay Pada PC
Terlaksana
12
Kamis
16-06-2016


13
Jum’at
17-06-2016


14
Sabtu
18-06-2016


Tabel 2.2.3. Daftar kegiatan bulan september

BAB 3 : PENUTUP.

 

3.1 Kesimpulan

                Mungkin hanya ini yang bisa saya laporkan tentang kegiatan Prakerin selama melakukan kegiatan di Oceano Resort Jambuluwuk – Gili Trawangan. Disini kami mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa, dikarnakan di Oceano Resort Jambuluwuk-Gili Trawangan mengajarkan tentang bagaimana dunia usaha yang baik. Kami tidak hanya diajarkan tentang materi dan praktek IT saja melainkan kami diajarkan tentang bagaimana cara sopan santun berbicara dengan tamu dan karyawan atau staf yang ada di sini.Dengan adanya kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini, disamping sebagai salah syarat untuk mengikuti Ujian Nasional dan kenaikan kelas. kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).Pengalaman kerja yang didapatkan akan membuat para siswa memiliki keahlian yang profesional dalam bidangnya, dan mendidik para siswa untuk memiliki rasa disiplin dan tanggung jawab yang tinggi.

3.2 Saran

Dalam pelaksanaan Prakerin ini saya mendapatkan pengalaman kerja yang sangat banyak dan kami berharap semoga laporan ini berguna bagi semua orang khususnya kami sendiri dan juga pembacanya. Adapun saran-saran yang dapat kami kemukakan diantaranya sebagai berikut :
Disiplin dalam bekerja, etika, kesopanan, keterampilan, kejujuran, ketelitian, kreativitas,dan tanggung jawab harus ditingkatkan lebih baik lagi karena diperhatikan oleh setiap karyawan ataupun atasan yang ada di OCEANO RESORT JAMBULUWUK-GILI TRAWANGAN.

 

 

 

 

 

 

 



DAFTAR PUSAKA




















 

 

 



LAMPIRAN PHOTO KEGIATAN DI TEMPAT PRAKERIN.









ahmadhilwandi.com/contoh laporan pkl













Tidak ada komentar:

Posting Komentar