TUGAS
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
NAMA : AHMAD HILWANDI
KELAS : XI TKJ A
NO ABS : 04
SMK N 3 MATARAM
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
2015/2016
PERIODE
04 APRIL S/D 18 JUNI 2016
KOTA MATARAM
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3
MATARAM
Jln.
Pendidikan Nomor. 47 Telp. (0370) 635347
Mataram
==================================================================
LEMBAR
PENGESAHAN
Bahwa telah
melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di OCEANO RESORT JAMBULUWUK-GILI
TRAWANGAN pada tanggal 04 2016 April sampai dengan 18 Juni 2016 dan telah
menyelesaikan laporan Praktek Kerja Industri.
Nama Siswa : AHMAD
HILWANDI
No. Induk : 20291
Paket Keahlian : TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ)
No. Induk : 20291
Paket Keahlian : TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ)
Menyetujui/Mengetahui
Ketua Paket Keahlian, Pembimbing Sekolah,
Drs. I Nengah
Yasdwipura Drs. I Nengah Yasdwipura
NIP. 19651216 199202 1 002 NIP. 19651216 199202 1 002
Mengetahui Mengetahui
Pimpinan DU/DI, Pembimbing DU/DI,
NIP. 19651216 199202 1 002 NIP. 19651216 199202 1 002
Mengetahui Mengetahui
Pimpinan DU/DI, Pembimbing DU/DI,
Haris Andriawan David
Alexander S.T
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
UMAR,
S Sos, MM
Guru Madya IV/a
NIP 196609201990031015
Guru Madya IV/a
NIP 196609201990031015
DAFTAR ISI
Contents
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat
serta hidayah-Nya,sehingga pelaksanaan Praktik Kerja Industri di OCEANO
JAMBULUWUK RESORT dari tanggal 4 April sampai tanggal 18 Juni dapat
dilaksanakan dengan lancar. Pada dasarnya, tujuan dibuatnya Laporan Praktek
Kerja Lapangan ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam mengikuti
Ujian Akhir Nasional dan Ujian Akhir Sekolah serta melatih diri didunia kerja
bidang Komputer Jaringan.
Kegiatan prakerin dan menyusun
laporan prakerin ini dapat terlaksana dengan baik berkat bantuan dari
berbagai pihak. Untuk itu pada kesempatan ini saya mengucapkan terimah kasih
kepada :
1.
Bapak Umar S.Sos
MM, selaku Kepala Sekolah SMKN 3 Mataram yang telah memberikan kemudahan dalam
pelaksanaan Prakerin.
2.
Bapak Drs. I
Nengah Yasdwipura dan Bapak Drs. Ajar Sugianta, selaku pembimbing sekolah yang
telah memonitoring pelaksanaan Prakerin.
3.
Bapak Haris
Andriawan, selaku pimpinan Jambuluwuk Oceano Resort.
4.
Bapak David
Alexander S.Tdan Bapak Sangaji Wiranata,selaku pembimbing ITyang telah banyak
membimbing ditempat kerja Prakerin.
5.
Bapak Masnun, Bapak
Mariadi, Bapak Khaerul Mubin, dan Bapak Husnul Mulyadi,selaku pembimbing TE
(Teknik Engineering) yang telah banyak membimbing ditempat kerja Prakerin.
Saya
menyadari bahwa laporan Prakerin ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu saya
mengharap adanya saran, masukan maupun kritikan yang membangun guna melengkapi
kekurangan laporan ini. Semoga laporan yang sederhana ini dapat memberi manfaat
kepada semua orang.
BAB 1 : PENDAHULUAN.
1.1Tujuan
Prakerin
1.1.1 Tujuan Umum
a)
Praktek Kerja
Industri di dunia usaha/industri bertujuan agar siswa berwawasan,
berpengetahuan dasar untuk bekerja serta dapat menyesuaikan atau adaptasi
dengan keadaan/tuntutan pada lingkungan kerja secara luas.
1.1.2 Tujuan Khusus
a)
Mempelajari dan
ikut membantu melaksanakan tugas - tugas dan kegiatan proses produksi di
industri.
b)
Mengenal dan
memahami tata tertib secara nyata dari mekanisme kerja pada dunia industri dan
atau perusahaan.
c)
Menghasilkan
tamatan/lulusan sebagai angkatan kerja yang memiliki kemampuan profesional
dengan tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan
tuntutan kerja di dunia usaha/industri
1.2Tujuan Pembuatan Laporan
Mengembangkan
pelajaran yang diperoleh disekolah dengan penerapan didunia kerja dan sebagai
bukti telah melaksanakan Prakerin.
1.3 Lokasi dan Peserta Prakerin
1.3.1
Data Tempat Prakerin
Nama
Industri / Usaha : Oceano Resort Jambuluwuk – Gili Trawangan
Bagian : IT
Alamat : Dusun Gili
Trawangan Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang KLU
Telp/Fax : 0370 61994851
Nama
Pimpinan : Haris Andriawan
Nama
Pembimbing : David Alexander
Twiter :@Jambuluwuk
Facebook :The Clubhouse
Gili
Logo Perusahaan.
Lokasi Perusahaan.
Nama Siswa
|
Ahmad Hilwandi
|
No. Induk Siswa
|
20291
|
Kelas
|
XI
|
Jurusan
|
Teknik Komputer Jaringan (TKJ)
|
Alamat Siswa
|
Jln. Pancor Babakan Timur
|
Nama Siswa
|
Aruna Yudha Permadi
|
No. Induk Siswa
|
20294
|
Kelas
|
XI
|
Jurusan
|
Teknik Komputer Jaringan (TKJ)
|
Alamat Siswa
|
Jln. R.A Kartini No 34 Monjok Pamamoran
|
Nama
|
Dony Eka Saputra
|
No. Induk
|
20300
|
Kelas
|
XI
|
Jurusan
|
Teknik Komputer Jaringan (TKJ)
|
Alamat Siswa
|
Jln. Merpati Gg. Flamboyan No. 21 Karang Jangkong
|
Nama
|
Eka Ayu Pratiwi
|
No. Induk
|
20301
|
Kelas
|
XI
|
Jurusan
|
Teknik Komputer Jaringan (TKJ)
|
Alamat Siswa
|
Jln. Srigunting No. 1 Karang Jangkong
|
Informasi
Tentang DU/DI Tempat Prakerin.
PT.
ARCS HOUSE is an Own & Operate company.The company is determined to be
successful in developing each asset and managing every hotel and resort.
The beginning of a
guesthouse management started in 2004, It was designed for a specific niche
consumer such as expatriates, mainly from Japan. In Mid 2005, the ARCS team
started to develop and build a new concept of Small Resort that is located in
Jambuluwuk Ciawi, West Java.
A year later, in the
summer of 2006, "Rumah Jambuluwuk," (NOW JAMBULUWUK HOTELS
&RESORTS ) During the opening of JAMBULUWUK CIAWI RESORTS, ARCS team
received positive responses from the customers and saw a bright future in this
resort. This led to a plan for an expansion. The development was finished in
mid 2008 and JAMBLUWUK CIAWI RESORTS transformed a fine resort In 2009, PT.
ARCS HOUSE also acquired a 6 hectares land in Batu Malang, East Java for the
development of JAMBULUWUK BATU RESORT, which is planned to start building in
the first quarter of 2010. PT. ARCS HOUSE also introduced the first development
of JAMBULUWUK MALIOBORO BOUTIQUE HOTEL on JI.GajahMada Street, DIY Jogjakarta,
2011 DECEMBER, JambuluwukMAlioboro Hotelsoft opening, after 5 months of project
delays. 2011 - JAMBULUWUK has changed brand Name from RUMAH JAMBULUWUK to
JAMBULUWUK HOTELS & RESORTS "PT Arcs House adalah pemilik dan
pengelola perusahaan . Perusahaan ini bertekad untuk mensukseskan dan
mengembangkan setiap aset dan'mengelola setiap hotel dan resort . Pada awalnya
perusahaan bergerak dibidang guess house pada tahun 2004. Guess House dirancang
secara khusus untuk tamu asing terutama tamu Jepang.
Pada pertengahan tahun
2005 Tim Arcs mulai membangun dan mengembangan konsep baru resort kecil yang
berlokasi di Jambuluwuk Ciawi, Jawa Barat. Setahun kemudian pada musim pangs
tahun 2006" Rumah Jambuluwuk " (sekarang menjadi Jambuluwuk Hotels
& Resorts). Selama pembukaan Jambuluwuk Ciawi resorts, Arcs Tim menerima
respon yang positif dari customer dan melihat masa depan yang cerah untuk
resort ini. Hal tersebut memungkinkan untuk melakukan rencana ekpansi .Tahun 2008
Pembangunan selesai dan Jambuluwuk Ciawi resort berubah menjadi resort yang
lebih bag us. Pada tahun 2009, PT ARCS HOUSE juga memiliki 6 hektar tanah di
wilayah Batu Malang , Jawa Timur area ini untuk di dirikan Jambuluwuk Batu
Resort, rencana pembangunan ini dimulai pada awal pertengahan tahun 2010. PT
ARCS House juga untuk pertamakali memperkenalkan pembangunan dari Jambuluwuk
Malioboro Boutique Hotel di JI Gajahmada , DIY Jogjakarta. Pada bulan desember
2011, Jambuluwuk Hotel melakukan soft opening , setelah 5 bulan penundaan.
Tahun 2011 Jambuluwuk telah merubah namanya dari Rumah Jambuluwuk menjadi
Jambuluwuk Hotels & Resorts."
1. VISI PERUSAHAAN
:Menjadi perusahaan kompeten beroperasi dalam pengembangan property dan hotel
operator yang menguntungkan dan dikenal secara nasional dan internasional.
2. MISIPERUSAHAAN :
a. Menjadi hotel
developer dan operator hotel terkenal diindonesia dan di seluruh dunia.
b. Menjadi hotel
berstandar internasional dengan manajemen yang memberikan serivce dan product
terbaik , dengan orientasi kepuasan tamu
c. Beroperasi dengan
efisiensi yang innovative, technology yang mendukung, fasilitas, dan HRD yang
competent dan berkembang
d. Berkembang pesat
sebagai perusahaan utama dan sebagai pemilik serta operator di berbagai daerah
eksotis tujuan bisnis dan wisata di Indonesia.
e. Memaksimalkan
keuntungan dan meminimalisir biaya.
f. Menciptakan lapangan
pekerjaan bagi warga local.
g. Mengembangkan
Jambuluwuk Hotels & Resort sebagai pilihan utama disetiap daerah Jambuluwuk
Hotels & Resort berada. h. Menjadi asset bagi daerah dimana Jambuluwuk
Berlokasi.
3. NILAI PERUSAHAAN
:Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangunan dan management hotel
dan resort maka perusahaan menjabarkan nilai yang akan dicapai perusahaan dalam
setiap produknya sebagai berikut.
a. Comfortable&
Secure: Kenyamanan dan keamanan tamu
b. Friendly& Care:
Keramahan dan kepedulian terhadap kebutuhan tamu
c. Clean& Accurate:
Kebersihan atau higenitas dan akurasi pelayanan terhadap tamu
d. Responsive&
Enthusiasm: Responsive & antusiasme dalam melayani sehingga pelayanan yang
cepat, tulus dan sepenuh hati.
BAB 2 : URAIAN TENTANG SEMUA
KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN DITEMPATPRAKERIN.
2.1 Access Point
Ø Pengertian Access Point.
Access Point dalam jaringan computer adalah sebuah jalur akses
nirkabel (Wireless Access Point atau AP) adalah perangkat komunikasi nirkabel
yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan
menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau standar terkait.
Ø Fungsi Access Point.
1.
Mengatur
supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server.
2.
Mencoba
fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi
Protected Access(WPA).
3.
Mengatur akses
berdasarkan MAC Address device pengakses.
4.
Sebagai
Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan
wireless/nirkabel.
Ø
Kelebihan Access Point.
1.
Untuk sistem AP
dengan melayani banyak pc tentu lebih mudah pengaturan dan komputer client
dapat mengetahui bahwa disuatu ruang ada sebuah hardware atau komputer yang memancarkan
signal Access Point untuk masuk ke dalam sebuah network.
2.
Bila menggunakan
hardware khusus, maka tidak diperlukan sebuah pc berjalan 24 jam untuk melayani
network.
3.
Sebagai sistem
security pada model Access Point lebih terjamak.
Ø Kelemahan Access Point.
1.
Jaringan
wireless secara umum dapat dibagi menjadi 2 yakni kelemahan pada konfigurasi
dan kelemahan pada jenis enkripsi yang digunakan WEP (Wired Equivalent Privacy).
Ø Cara Kerja Acces Point.
Wireless access point pada dasarnya bekerja pada teknologi
sirkuit yang dibuat oleh komputer pribadi Anda, router dan perangkat jaringan
nirkabel seperti wireless access point. Ini mulai bekerja ketika mengaktifkan
sistem operasi Anda dan kemudian menghubungkannya dengan jaringan nirkabel dan
ketika anda masukkan URL dalam jendela browser Anda yang mendukung wireless
access point Anda.
Kemudian langkah ini informasi terhadap server
gerbang jalan WAP, tempat pengolahan atau menerjemahkan data yang dilakukan.
Ini gerbang WAP Server cara menerjemahkan data dari format sederhana untuk HTTP
formatr dan setelah terjemahan mengirimkannya ke situs web dengan bantuan
router yang terhubung. Ketika situs web menerima data yang diterjemahkan, ia
akan mengubahnya menjadi dokumen HTML, di sini mengirim dokumen ini lagi ke
server wireless access point yang mengubah dokumen ke format baru, kali ini
format akan WML.
Kemudian data ini dikonversi dengan bantuan router
kirim ke antena terdekat. Sekarang dengan bantuan antena radio gelombang
melanjutkan routing data diterjemahkan dan mengirimkannya akses nirkabel
perangkat jalur, menerima data dan tampilan pada layar dengan bantuan dari
jendela browser.
2.2 Printer
Ø
Pengerian
Printer.
Pengertian printer adalah perangkat elektromekanis
yang mengubah teks dan dokumen grafis dari bentuk elektronik (digital) ke
bentuk fisik. Umumnya printer merupakan perangkat tambahan eksternal (external
peripheral devices) yang terhubung dengan komputer atau laptop melalui
kabel atau nirkabel untuk menerima input data dan mencetaknya pada kertas.
Ø Jenis – Jenis Printer.
Printer Thermal.
Contoh
Printer Thermal.
Satu lagi dari keluarga printer impact, yaitu printer thermal. Printer jenis ini biasanya digunakan di kasir pembelanjaan dan mesin fax. Jenis printer ini bekerja dengan mengambil gulungan kertas yang berubah menjadi gelap ketika dipanaskan. Mekanisme cetaknya dengan menarik kertas yang bersebelahan dengan kepala cetak yang berisi pemanas elektronik yang canggih, dan mampu memproduksi teks dan grafik sederhana pada kertas. Printer thermal tidak memerlukan tinta, toner, atau perlengkapan lainnya, sehingga mudah digunakan dan memeliharanya.
Ø Kelebihan Printer Thermal.
1. Bentuknya relatif kecil.
2. Cepat dalam mencetak.
3. Harga relatif mahal.
1. Bentuknya relatif kecil.
2. Cepat dalam mencetak.
3. Harga relatif mahal.
4.
Tidak
bising.
Ø Kekurangan Printer Thermal.
1. Harus menggunakan kertas khusus.
2. Tidak bisa mencetak kertas lebar.
1. Harus menggunakan kertas khusus.
2. Tidak bisa mencetak kertas lebar.
Ø Printer Ink Jet.
Contoh Printer
Inkjet.
Inkjet
Printer (printer inkjet)
merupakan jenis printer yang populer saat ini, selainprinter laser. Cara
kerja printer ini adalah dengan menyemprotkan tinta dengancartridge kedalam
kertas, hingga menghasilkan teks dan grafis dengan kualitas tinggi.Printer
inkjet mengunakan
tinta yang tersimpan dalam cartridge tinta,
umumnya tinta dipusahkan dalam kelompok warna utama. Warna-warna utama ini
biasanya hitam, merah/magenta, hijau/cyan, dan kuning (CMYK). Printer ini
sangat mendukung untuk kebutuhan multimedia, karena memiliki kualitas grafis yang sangat baik.
Ø Kelebihan Printer Ink Jet.
1. Hasil cetaknya lebih cepat dibanding dot matrix.
2. Kualitas cetaknya cukup baik.
3. Tidak bising ketik mencetak.
1. Hasil cetaknya lebih cepat dibanding dot matrix.
2. Kualitas cetaknya cukup baik.
3. Tidak bising ketik mencetak.
Ø Kekurangan Printer Ink Jet.
1. Harga relatif lebih mahal dibanding dot matrix.
2.Tinta printer relatif mahal.
3. Tidak dapat mencetak lebih dari 1 rangkap.
1. Harga relatif lebih mahal dibanding dot matrix.
2.Tinta printer relatif mahal.
3. Tidak dapat mencetak lebih dari 1 rangkap.
2.3PABX
Ø Pengertian PABX
PABX (Private Automatic Branch Exchange) adalah Alat
Penyambung (Switch) untuk mengatur komunikasi telpon masuk dan telpon keluar
secara efisien dan efektif di Kantor, Ruko, Rukan, Rumah besar/bertingkat,
Asrama, Kost, dan bangunan lainnya.
Ø
Fungsi PABX
Pada dasarnya semua PABX digital mempunyai grup fungsional yang sama, tapi
fungsi-fungsi tersebut diterapkan dan diatur dalam jalan yang berbeda dalam
sistem yang bervariasi. Fungsi PABX sebagai sistem penyambungan telepon untuk
mengatur proses penyambungan komunikasi telepon.
Ø
Cara Kerja PABX
Cara kerja PABX adalah bahwa sesungguhnya perangkat
ini merupakan modem yang berfungsi sebagai control station pusat. Setiap kali
ada telepon baru yang masuk, maka telepon tersebut akan di-routing (diarahkan)
melalui control station ini. Karena di dalam sistem PABX tersebut telah
dimasukan kode tertentu untuk masing-masing nomor telepon di kantor, atau untuk
masing-masing extension, maka telepon masuk tersebut akan diarahkan ke tujuan
yang tepat dengan menggunakan kode tersebut.
1.
Ketika pelanggan pemanggil off hook, secara otomatis kita mengirim sinyal
ke PABX yang PABX mengerti (dial tone),
2.
Kemudian ketika mendial digit, PABX mengetahui apakah ini merupakan
panggilan internal atau external.
3.
Proses routing dimulai. Jika internal maka dikirim ke PABX tidakmenggunakan
“trunk”pada sisi luar.
4.
Namun jika external,dimulai dengan mencari nomor-nomor yang kita dial lalu
mengirim informasi ke Central Office.
2.4 TABEL URAIAN
KEGIATAN PRAKERIN
Nama :
AHMAD HILWANDI
Jurusan : Teknik Komputer Jaringan (TKJ)
Pembimbing : David Alexander & Sangaji Wiranata
Perusahaan : Jambuluwuk Oceano Resort
Jurusan : Teknik Komputer Jaringan (TKJ)
Pembimbing : David Alexander & Sangaji Wiranata
Perusahaan : Jambuluwuk Oceano Resort
2.4.1. Kegiatan Bulan
April
No
|
Hari/Tanggal
|
Kegiatan
|
Keterangan
|
|
Hari
|
Tanggal
|
|||
1
|
Senin
|
04-04-2016
|
Brifing
|
Terlaksana
|
2
|
Selasa
|
05-04-2016
|
Memperbaiki Access Poin
|
Terlaksana
|
3
|
Rabu
|
06-04-2016
|
Krimping Kabel, Perbaiki PC &
mereset Access poin
|
Terlaksana
|
4
|
Kamis
|
07-04-2016
|
Perbaikan Telepon
|
Terlaksana
|
5
|
Jum’at
|
08-04-2016
|
Memeriksa Line Telepon
|
Terlaksana
|
6
|
Sabtu
|
09-04-2016
|
Kerja Mandiri
|
|
7
|
Minggu
|
10-04-2016
|
-
|
-
|
8
|
Senin
|
11-04-2016
|
Memeriksa Telepon
|
Terlaksana
|
9
|
Selasa
|
12-04-2016
|
Memasan AC & Pemeriksaan PC
|
Terlaksana
|
10
|
Rabu
|
13-04-2016
|
Menanam Kabel Lan & memasang
Kabel Lan
|
Terlaksana
|
11
|
Kamis
|
14-04-2016
|
Kerja Mandiri
|
|
12
|
Jum’at
|
15-04-2016
|
Mengisi Gas Preon Pada AC
|
Terlaksana
|
13
|
Sabtu
|
16-04-2016
|
Memasang Kipas Angin &
Merapikan Sound System
|
Terlaksana
|
14
|
Minggu
|
17-04-2016
|
Memasang Lampu Taman
|
Terlaksana
|
15
|
Senin
|
18-04-2016
|
Memasang Kabel Lan &
Merapikan Kabel
|
Terlaksana
|
16
|
Selasa
|
19-04-2016
|
Memprogram Chanel TV &
Memasang Kipas Angin
|
Terlaksana
|
17
|
Rabu
|
20-04-2016
|
Memasang AC
|
Terlaksana
|
18
|
Kamis
|
21--04-2016
|
Memasang Telepon
|
Terlaksana
|
19
|
Jum’at
|
22-04-2016
|
Memindah Acces Poin & mereset
Access Poin
|
Terlaksana
|
20
|
Sabtu
|
23-04-2016
|
Mengecek Mac Address Access Poin,
Memasang Access Poin & Konfigurasi Access Poin
|
Terlaksana
|
21
|
Minggu
|
24-04-2016
|
Belajar mandiri
|
|
22
|
Senin
|
25-04-2016
|
Merapikan kabel
|
Terlaksana
|
23
|
Selasa
|
26-04-2016
|
Membuka Pintu Menggunakan Qitek
|
Terlaksana
|
24
|
Rabu
|
27-04-2016
|
Memasang printer
|
Terlaksana
|
25
|
Kamis
|
28-04-2016
|
Memasang AC
|
Terlaksana
|
26
|
Jum’at
|
29-04-2016
|
Memeperbaiki PC
|
Terlaksana
|
27
|
Sabtu
|
30-04-2016
|
Memperbaiki AC Indor
|
Terlaksana
|
28
|
Minggu
|
01-05-2016
|
Mengecek Sinyal Wifi Di Room
|
Terlaksana
|
29
|
Senin
|
02-05-2016
|
Traning mikrotik hari ke 1
|
Terlaksana
|
30
|
Selasa
|
03-05-2016
|
Traning mikrotik hari ke 2
|
Terlaksana
|
31
|
Rabu
|
04-05-2016
|
Traning mikrotik hari ke 3
|
Terlaksana
|
Tabel 2.2.1. Daftar kegiatan bulan
juli.
2.4.2.
Kegiatan Bulan Mei
No
|
Hari/Tanggal
|
Kegiatan
|
Ket
|
|
Hari
|
Tanggal
|
|||
1
|
Kamis
|
05-05-2016
|
Mengisi
Gas Preon
|
Terlaksana
|
2
|
Jum’at
|
06-05-2016
|
Mereset
Access Poin
|
Terlaksana
|
3
|
Sabtu
|
07-05-2016
|
Instalasi
& Memasang UPS Pada Komputer
|
Terlaksana
|
4
|
Minggu
|
08-05-2016
|
Instalasi
Lampu Taman
|
Terlaksana
|
5
|
Senin
|
09-05-2016
|
Instalasi
Lampu Ruangan
|
Terlaksana
|
6
|
Selasa
|
10-05-2016
|
Cek
Telepon &Sinyal Wifi
|
Terlaksana
|
7
|
Rabu
|
11-05-2016
|
Instalasi
& Memasang AC
|
Terlaksana
|
8
|
Kamis
|
12-05-2016
|
Libur
|
|
9
|
Jum’at
|
13-05-2016
|
Libur
|
Terlaksana
|
10
|
Sabtu
|
14-05-2016
|
Libur
|
Terlaksana
|
11
|
Minggu
|
15-05-2016
|
Memperbaiki
PC
|
Terlaksana
|
12
|
Senin
|
16-05-2016
|
Belajar
mandiri
|
Terlaksana
|
13
|
Selasa
|
17-05-2016
|
Memperbaiki
AC & Menambah Gas Preon
|
Terlaksana
|
14
|
Rabu
|
18-05-2016
|
Membersihkan
AC
|
Terlaksana
|
15
|
Kamis
|
19-05-2016
|
Memasang
Kabel CCTV
|
Terlaksana
|
16
|
Jum’at
|
20-05-2016
|
Memperbaiki
Jaringan Internet
|
Terlaksana
|
17
|
Sabtu
|
21-05-2016
|
Cek
Telepon & Sinyal Wifi
|
Terlaksana
|
18
|
Minggu
|
22-05-2016
|
Cek
Telepon & Sinyal Wifi
|
Terlaksana
|
19
|
Senin
|
23-05-2016
|
Memasang
AC Indor & Outdor
|
Terlaksana
|
20
|
Selasa
|
24-05-2016
|
Membersihkan
AC
|
Terlaksana
|
21
|
Rabu
|
25-05-2016
|
Memprogram
Chanel TV
|
Terlaksana
|
22
|
Kamis
|
26-05-2016
|
Memperbaiki
Printer & Telepon
|
Terlaksana
|
23
|
Jum’at
|
27-05-2016
|
Mengganti
Catridge Printer
|
Terlaksana
|
24
|
Sabtu
|
28-05-2016
|
Memperbaiki
Komputer
|
Terlaksana
|
25
|
Minggu
|
29-05-2016
|
Mensharing
Data
|
Terlaksana
|
26
|
Senin
|
30-05-2016
|
Memperbaiki
PC & Memasang Telepon
|
Terlaksana
|
27
|
Selasa
|
31-05-2016
|
Memperbaiki
PC & Repair Komputer
|
Terlaksana
|
28
|
Rabu
|
01-06-2016
|
Memperbaiki
PC
|
Terlaksana
|
29
|
Kamis
|
02-06-2016
|
Memperbaiki
Printer
|
Terlaksana
|
30
|
Jum’at
|
03-06-2016
|
Instalasi
Lampu Beach Bar
|
Terlaksana
|
31
|
Sabtu
|
04-06-2016
|
Instalasi
Lampu Beach Bar
|
Terlaksana
|
Tabel 2.2.2. Daftar Kegiatan Bulan
Agustus
No
|
Hari/Tanggal
|
Kegiatan
|
Ket
|
|
Hari
|
Tanggal
|
|||
1
|
Minggu
|
05-06-2016
|
Membuka
Pintuk Menggunakan Qitek
|
Terlaksana
|
2
|
Senin
|
06-06-2016
|
Libur
|
|
3
|
Selasa
|
07-06-2016
|
Libur
|
|
4
|
Rabu
|
08-06-2016
|
Libur
|
|
5
|
Kamis
|
09-06-2016
|
Membuat
Dekorasi Masjid & Memperbaiki Komputer Eror
|
Terlaksana
|
6
|
Jum’at
|
10-06-2016
|
Membuat
Dekorasi Masjid & Menyalakan Komputer Mati
|
Terlaksana
|
7
|
Sabtu
|
11-06-2016
|
Memperbaiki
Printer
|
Terlaksana
|
8
|
Minggu
|
12-06-2016
|
Belajar
Mandiri
|
|
9
|
Senin
|
13-06-2016
|
Memperbaiki
PC
|
Terlaksana
|
10
|
Selasa
|
14-06-2016
|
Instalasi
Driver Printer
|
Terlaksana
|
11
|
Rabu
|
15-06-2016
|
Mengganti
Power Supplay Pada PC
|
Terlaksana
|
12
|
Kamis
|
16-06-2016
|
||
13
|
Jum’at
|
17-06-2016
|
||
14
|
Sabtu
|
18-06-2016
|
Tabel 2.2.3. Daftar
kegiatan bulan september
BAB 3 : PENUTUP.
3.1 Kesimpulan
Mungkin hanya ini yang bisa saya laporkan tentang
kegiatan Prakerin selama melakukan kegiatan di Oceano Resort Jambuluwuk – Gili
Trawangan. Disini kami
mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa, dikarnakan di Oceano Resort
Jambuluwuk-Gili Trawangan mengajarkan tentang bagaimana dunia usaha yang baik.
Kami tidak hanya diajarkan tentang materi dan praktek IT saja melainkan kami
diajarkan tentang bagaimana cara sopan santun berbicara dengan tamu dan
karyawan atau staf yang ada di sini.Dengan
adanya kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini, disamping sebagai salah
syarat untuk mengikuti Ujian Nasional dan kenaikan kelas. kegiatan ini sangat
bermanfaat bagi kami siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).Pengalaman
kerja yang didapatkan akan membuat para siswa memiliki keahlian yang
profesional dalam bidangnya, dan mendidik para siswa untuk memiliki rasa
disiplin dan tanggung jawab yang tinggi.
3.2 Saran
Dalam pelaksanaan Prakerin ini saya
mendapatkan pengalaman kerja yang sangat banyak dan kami berharap semoga
laporan ini berguna bagi semua orang khususnya kami sendiri dan juga pembacanya.
Adapun saran-saran yang dapat kami kemukakan diantaranya sebagai berikut :
Disiplin dalam bekerja, etika,
kesopanan, keterampilan, kejujuran, ketelitian, kreativitas,dan tanggung jawab
harus ditingkatkan lebih baik lagi karena diperhatikan oleh setiap karyawan
ataupun atasan yang ada di OCEANO RESORT JAMBULUWUK-GILI TRAWANGAN.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar